Selasa, 22 Agustus 2017

No Bake Chocolate Tart

Sosial media akhir-akhir ini banyak sekali video masak singkat berdurasi 60 detik, resep yang mudah diadaptasi dan sangat cocok untuk camil-camil keluarga saat weekend menjelang. Suka gemes kalau liat video-video masak yang membuat hasrat untuk membuatnya lebih meningkat, nafsu makannya juga lebih-lebih.
Video yang sering aku lihat berseliweran di sosial media ini pie crush, baked or no bake, semuanya menggiurkan dan susah-susah gampang buatnnya. Kali ini hatiku tertaut pada no bake chocolate cake.
No Bake Chocolate Tart

Ini dia bentuk tampilannya, berbahan dasar oreo dengan chocolate ganace dan topping strawberry, so simple. Tapi ada beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan dalam membuat tart ini.
1. Perhatikan bahan dasar yang kamu gunakan
Kamu mau pakai oreo atau cracker biasa, keduanya bergantung pada jumlah atau komposisi mentega yang kamu gunakan. Jika kebanyakan dia akan sangat keras ketika dipotong, namun jika terlalu sedikit dia akan mudah pecah, atau bahasa jawanya itu mawur.
2. Perhatikan toppingnya
Karena disini aku pakai chocolate ganache, yang perlu diperhatikan adalah sata kamu mencairkan cokelatnya, cokelatnya jangan sampai gosong. Caranya agar tidak gosong dengan cara menaruh panci berisi cokelat diatas panci yang berisi air. Oia, pastikan panci yang berisi cokelat tidak menyentuh airnya.
Setelah kedua hal ini kamu perhatikan, jalan kamu membuat tart ini insyaallah akan lebih mulus, ya semulus jalan kamu ketika sudah dapat restu ibu bapak mu untuk menerima si dia, #eaa.
Karena memang mau makan yang manis-manis dan emang stok makanan menipis makanya aku spesial eksekusi isi dari video-video yang buat hati ga tenang mau eksekusi si hitam manis ini. Iya, kayak kamu.
Namanya #NoBakeChocolateCake, dari beberapa waktu lalu pernah mau buat chocolate oreo caramel namun sayang waktunya belum pas. Dan kali ini menghabiskan stok cokelat dan heavy cream di rumah. Let’s cooking ^^.
First, seperti yang sudah dibahas dalam membuat pie crust itu bisa pake pisau pastry jika bahan yang dibuat adalah dari terigu, mentega, air es dan kuning telur atau dengan food prosessor jika bahan crust yang digunakan adalah oreo atau biskuit marie yang dicampur dengan mentega cair. Mentega ya bukan butter, hasilnya akan lebih wangi susu dan lebih gurih namun jika tidak suka terlalu wangi susu bisa pakai margarine aja. Untuk Butter bisa gunakan yang berSH Halal MUI, karena sebagai muslimah penting untuk mengkonsumsi dan menggunakan yang halal.
Second, siapkan loyang yang akan dipakai. Aku pakai loyang pie berdiameter 20cm yang bongkar pasang seperti gambar di atas, bawahnya bisa di angkat. Gunanya saat nanti tart mau dikeluarkan dari loyang akan mudah.
Third, sapkan bahan-nahan seperti dibawah ini:
Bahan A:
330 gr Oreo (haluskan dengan food prosessor atau dengan blender makanan kering, pakai kayu dan diremahkan sampai halus juga bisa)
110 gr Mentega Unsalted (lelehkan, ini di tim aja)
Bahan B:
200 gr Milk chocolate
100 gr Dark chocolate
200 gr Haevy Cream (panaskan dengan api sangat kecil hingga panas saja). Tuangakan heavy cream dalam mangkok besar berisi cokelat tadi, diamkan 1 menit baru diaduk secara perlahan hingga tercampur rata)
Bahan C:
Siapkan buah strawberry segar secukupnya
Cara membuat:
1. Bahan A di mix hingga tercampur sangat rata, masukan kedalam loyang pie yang sudah disiapkan tadi. Simpan dalam kulkas dan siapkan bahan B
2. Mix chocolate dan cream tadi hingga tercampur rata mirip dengan selai cokelat
3. Ambil bahan A (pie) tadi, tuangkan bahan B diatas pie oreo, hias dengan strawberry sebagai pemanis. Simpan dalam kulkas 3 jam atau semalaman.
Selamat mencoba..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar